13
Aug
09

TUESDAY BLUES 11/8 : SELAMAT DATANG TALENTA MUDA BLUES !

Ginda, Luke, Sultan. Yang muda yang bermain blues !

Ginda, Luke, Sultan.Yang muda yang bermain blues!

Ya, seperti yang sudah diperkirakan oleh Onestop Blues, bukan tak mungkin ada kejutan dari  talent yang tidak diunggulkan dalam sebuah event blues. Dan itu memang terjadi pada event Tuesday Blues  Selasa 11/8 yang lalu. Sebelumnya Onestopblues meminta kita semua memperhatikan Jaka Kondoi and His Band ( Tah Geuningan Blues Band),  Yanto Schaap dan kalau jadi The Guitars Project ( khusus the  Guitars Project Onestopblues  memakai catatan “kalau jadi”,  karena sampai saat menulis Apa yang menarik dari Tuesday Blues Malam Ini ?,  Onestopblues belum mendapat konfirmasi pasti akan kemunculannya), namun sesuatu yang menarik muncul antara lain dari King Of  The Chaindow, dan  The Guitars Project yang ternyata jadi tampil malam itu.

Jaka Kondoi, dengan nama grupnya yang agak sulit diingat dan agak nyeleneh  TAH GEUNING BLUES,  dari basa Sunda yang agak sulit diterjenahkan ke dalam bahasa Indonesia, tampil seperti yang sudah bisa diduga memang menarik untuk dinikmati. Dengan berakar ke Delta Blues yang di elektrisasi–dalam format Band–ini namanya Chicago blues, memposisikan dirinya sebagai Muddy Waters dalam format Muddy Waters Band.  Personifikasi diri, dengan membentuk sayap-sayap yang membantunya terbang.  Dalam Muddy Waters Band, sayap-sayap itu adalah Jimmy Rogers (guitar),   Little Walter (harmonika)  dan Otis Spann (piano).  Sayap-sayap tersebut memperkuat personifikasi Muddy Waters, sekaligus diberi peluang untuk tumbuh. Itu juga yang dilakukan oleh Kondoi,  ia memainkan musik personifikasi dirinya,  sementara ia juga memberi peluang pada Andry “Joe”  Novaliano ( gitar) dan Opik (keyboard) untuk juga bisa tumbuh. Membawakan beberapa lagu  Jaka Kondoi tak pernah membiarkan lagu orang yang dimainkan seperti aslinya. Ia membuat lagu itu menjadi milik bandnya.  Penonton Tueday Blues Selasa 11 Agustus yang  lalu, bisa melihat misalnya bagaimana Kondoi dan Bandnya  membawakan dan menghidupkan lagu “Stormy Monday Blues,”  sebagai salah satu repertoar yang dibawakannya malam itu.

Aksi pemain gitar KING OF CHAINDOW. Atraktif !

Aksi pemain gitar KING OF CHAINDOW. Atraktif !

Sedangkan yang menjadi kejutan menarik adalah penampilan The King Chaindow dan The Guitars Project.  King Chaindow yang  formasi grupnya dilengkapi  brass section  membawakan lagu blues, dengan campuran rock ‘n’ roll and jump music.  Mengingatkan Onestopblues pada grup The Fabolous Thunderbirds.  Apalagi di sini lead guitarisnya juga sangat atraktif, melakukan the duck walk sampai ke depan panggung. Aset baru untuk Blues Bandung ! The Guitars Project menarik, karena dengan konsep yang terlalu menjelimet, simple, tapi bisa menghadirkan sesuatu. Ya The Guitars Project,  menampilkan tiga orang gitaris muda, Sultan Maulana Ibrahim (18 tahun),  Luke Kusmoro (21 tahun) dan Ginda Bestari Sibih. Mereka cukup cerdik, tidak langsung tampil bertiga, dengan jatah lima lagu yang boleh dimainkan, mereka tampil-tampil satu-satu, sebelum akhirnya tampil bersama. Ya Sultan Maulana membawakan lagu “Voodoo Chile” ( Hendrix),  Luke membawakan “Red House” ( Hendrix) dan Ginda membawakan sebuah lagu dari Stevie Ray Vaughan,  untuk kemudian tiga gitaris ini ada dalam satu panggung membawakan “Little Wing” (Hendrix) dan menutup dengan lagu ” Everyday I Have The Blues.”  Ketiga gitaris ini memainkan gitarnya dengan sangat baik. Project ini bisa dilanjutkan di masa mendatang !

Selain  TAH GEUNINGAN BLUES,  THE KING CHAINDOW dan THE GUITARS

Yanto  Shaap. Nex time better !

Yanto Shaap. Nex time better !

PROJECT  pada malam itu juga tampil  Blues Gang Rebbel dan Yanto Shaap. Blues Gang Rebbel  Onestopblues tidak bisa berkomentar. Untuk Yanto Shaap, yang dengan gitar resonatornya membawakan lagu-lagu Walkin’ Blues ( Muddy Waters version),  Too Much Alcohol ( Rory Galagher version),  Croosroads ( Robert Johnson) dan sebuah lagu karyanya sendiri, belum menunjukan sesuatu yang berarti, tapi Onestopblues melihat ia punya prospek kedepan, asal lebih sering tampil dan mau belajar terus mengenai blues, terutama esensinya. Terlepas dari semua itu, yang menarik dari  event Tuesday Blues Selasa (11/8) yang lalu adalah dominasi anak muda yang menjadi pengisi acara, 90 % berusia sekitar 20 tahun. Wow ! Maka adalah layak bagi kita mengucapkan : SELAMAT DATANG TALENTA MUDA BLUES !  ( note : semua foto hasil jepretan ANWAR BAKO WIRAWIJAYA)


5 Responses to “TUESDAY BLUES 11/8 : SELAMAT DATANG TALENTA MUDA BLUES !”


  1. 1 Efri
    August 13, 2009 at 1:50 pm

    wah kalo ada video-nya …pengen liat sepertinya menarik sekali

  2. 2 Didik Naryadi
    September 5, 2009 at 7:02 am

    Selamat buat terselenggaranya acara, dan turut senang mulai bermunculan blueser – blueser muda…

  3. 3 gete
    September 6, 2009 at 4:31 pm

    yeahhh keep the blues rockin’……and keep rockin’ the blues…

  4. October 15, 2009 at 7:23 am

    pengalaman yang tidak bisa saya lupakan… rasanya seperti jantung mau copot, benar-benar kebanggaan tersendiri bisa main di acara blues seperti ini… keep bluesin’.

  5. October 15, 2009 at 7:27 am

    semoga di acara berikutnya ada dokumentasi… jadi yang blom bisa gabung bisa lihat acara ini via youtube atau apa pun…

    bravo, bandung blues socisty..


Leave a comment


Blog Stats

  • 94,449 hits

MONDAY BLUES

MONDAY BLUES -31 May 2010-RUANG PUTIH, JL BUNGUR 37 KARANG SETRA, BANDUNG .

AGENDA BLUES BULAN MEI 2010

BANDUNG, SABTU 8 Mei : GUGUN BLUES SHELTERS, KAMPOENG JAZZ UNPAD DIPATI UKUR . JAM 3.00 SORE

BANDUNG SABTU 8 MEI: BOHEMIAN, GUGUN BLUES SHELTERS at NINE SQUARE, JL SULANJANA mulai pukul 21.00

BANDUNG, SABTU 8 MEI , GINDA AND WHITE FLOWERS, RUANG PUTIH, Jl BUNGUR 37 KARANG SETRA, mulai pukul 20,00

Bandung, SELASA 11 Mei : BAND CONTEST ROAD TO JAKARTA BLUES FESTIVAL, BUMI SANGKURIANG JL. KI PUTIH No 12 Ciumbuleuit

BANDUNG Kamis 13 MEI :GUGUN BLUES SHELTERS, SABUGA Jl. TAMAN SARI

JOGJA, JUM"AT 14 MEI : PIRAMYD BLUES NIGHT, bersama DARMO GANDUL, SISTER MORPHINE, JAMMIN' BERSAMA JOGYA BLUES FORUM DI PLANET PYRAMYD, 20.30-24.00 cp ANDRy JASIN : 0274-6837215

BANDUNG, SABTU 15 MEI GINDA & WHITE FLOWER, AKUSTIK SESSION, RUANG PUTIH, JL. BUNGUR 37, KARANG SETRA, MULAI PUKUL 20.30-22.30

BANDUNG, SABTU 22 MEI, GUGUN BLUES SHELTERS, JENNY LYND, SMA NEGERI 5 JL. JL BELITUNG NO 8

BANDUNG, RABU 26 MEI, GUGUN BLUES SHELTERS, UNIVERSITAS MARANATHA, JL SURYA SUMANTRI.

BALI: MINGGU 30 MEI AN EVENING WITH BALI BLUES ISLAND feat : YANDE AND FRIEND, EGO BLUES BAND, THE CROSSING, BAYU BLUES BAND, SHOCKING BLUES, PANDAY BLUES BAND, MUSHROOM BLUES di PADMA HOTEL & RESORT jl Padma no 1, LEGIAN, mulai pukul 15.00 sampai Selesai.

BANDUNG, SENIN 31 MEI, MONDAY BLUES with BLUES JAMS, BADBOYZ BLUES, di RUANG PUTIH, JL BUNGUR 37, KARANG SETRA mulai pukul 20.30-23.30

WISATA BLUES

WISATA BLUES JAKARTA BLUES FESTIVAL 15-16 OKTOBER 2010 PAKET TIKET/BUS/ PENGINAPAN. DAPATKAN HARGA SPESIAL SEBELUM AKHIR MEI. JUMLAH PESERTA TERBATAS (30 Orang). MORE INFO CALL 08122058762 ( Tidak melayani SMS)

QUOTE

C1NEW2

"There's no way I'm going to sound like Charley Patton, no matter how much time or energy I put into it. I come from a different place. But I think everbody can get to the truth. It's just going to be a different truth." - Derek Trucks

MATERI ARISAN CD BLUES Bulan MEI : PAUL BUTTERFIELD BLUES BAND Box Set

Sampai saat ini kiranya belum ada pemain harmonika kulit putih yang bisa menagatasi permainan harmonika dari PAUL BUTTERFIELD. Bagi anda yang ingin mengoleksi 5 album Paul Butterfield Blues Band (dalam kemasan box set) termasuk tiga diantaranya yang diproduseri oleh PAUL ROTCHILD, Paul Butterfield Blues Band, East-West dan Ressucreation of Pigboy Crabshaw, ayo ikuti arisan CD Blues Mara Sessi 16 yang akan dibuka pada minggu ke dua bulan Mei. Maksimal Peserta 20 Orang. More Info call : 08122058762.

BIOGRAFI JOHNNY WINTER

HANYA TERSEDIA DUA UNIT, BAGI YANG BERMINAT MENDAPATKAN BUKU BIOGRAFI JOHNNY WINTER- Harga buku Rp 365.000 ( Bandung Area). More Info Call : 08122058762 (tidak melayani sms)

NONTON BARENG YO…..

Deep SEa BluesPERPUSTAKAAN FILM MUSIK BLUES BANDUNG berencana mengadakan acara Nonton Bareng DVD DEEP SEA BLUES ( Sepekan Festival Blues di atas kapal Pesiar) pada akhir November 2009. Tempat MINIMAX, DAGO PLAZA BANDUNG, Terbatas untuk 18 orang . More Info : 08122058762

free counters